.::Nurii Blog::.

nurita blog :) happy reading :) enjoy~~

Selasa, 06 Januari 2015

RANGKUMAN TENTANG SEGMENTASI, TARGETING DAN POSITIONING PEMASARAN GLOBAL



Segmentasi, Targeting dan Positioning Pemasaran Global

Perusahaan tidak dapat melayani seluruh pelanggan di pasar yang sangat luas. Pelanggannya terlalu banyak dan tuntutan mereka pun berbeda-beda. Perusahaan perlu mengidentifikasi segmen pasar yang dapat dilayaninya dengan sangat efektif. Banyak perusahaan yang memanfaatkan pemasaran bersasaran. Menurut Kotler (2000), pemasaran sasaran adalah strategi dimana penjual membedakan segmen pasar utama, menetapkan satu atau lebih dari segmen-segmen sebagai sasaran, serta mengembangkan produk, dan menyusun program pemasaran yang dibuat untuk setiap segmen yang dipilih. Pemasaran bersasaran mengharuskan pemasar melakukan 3 langkah utama:
1.       Mengidentifikasi dan memilah-milah kelompok pembeli yang berbeda-beda yang mungkin meminta produk dan atau bauran pemasaran tersendiri (segmentasi pasar).
2.       Memilih satu atau lebih segmen pasar untuk dimasuki (targeting pasar).
3.       Membentuk dan mengkomunikasikan mamfaat utama yang membedakan produk perusahaan dengan produk lain di pasar (positioning pasar).

      Segmentasi Global
            Segmentasi pasar adalah proses memilih suatu pasar ke dalam berbagai kelompok pelanggan yang berperilaku sama atau memiliki kebutuhan serupa. Setiap kelompok bisa dipilih pasar sasarannya untuk dilayani dengan strategi tersendiri. Proses ini bermula dari penetuan berbasis segmentasi, yaitu faktor produk spesifik yang merefleksikan perbedaan-perbedaan dalam tuntutan pelanggan atau daya tanggap terhadap variabel pemasaran (di antaranya perilaku pembelian, pengggunaan, manfaat yang dicari, preferensi , dan loyalitas). Syarat menentukan segmentasi pasar adalah:
1.       Dapat diukur : ukuran, daya beli, dan profil segmen dapat diukur.
2.       Besar : segmen cukup besar dan meng8untungkan untuk dilayani. Segmen tersebut harus merupakan kelompok homogen terbesar yang paling mungkin, yang berharga sehingga memungkinkan diraih dengan program pemasaran yang dirancang khusus.
3.       Dapat diakses : segmen dapat dijangkau dan dilayani secara efektif
4.       Dapat dibedakan : segmen-segmen secara konseptual dapat dipisah-pisahkan dan memberikan tanggapan yang berbeda terhadap unsur dan program bauran pemasaran yang berbeda.
5.       Dapat dilaksanakan : program-program yang efektif dapat dirumuskan untuk menarik dan melayani segmen-segmen tersebut.
Kriteria Segmentasi Pasar Global
1.        Segmentasi Gografis
Segmentasi geografi membagi pasar menjadi unit-unit geografi yang berbeda, seperti Wilayah (Asia Pasifik, Afrika, Eropa, dll), Ukuran kota (penduduk kota kecil, kota menengah, kota besar, dll), Kepadatan (perkotaan, pinggiran kota, pedesaan, dll) dan Iklim. Keungguakn utama segmentasi geografis adalah kedekatanya (proximity). Di mana pasar pada segmen yang sama relative dekat satu sama lainnya dan mudah didatangi pada kunjungan yana sama atau dihubungi dalam zone waktu yang sama.
2.        Segmentasi Demografi
Segmentasi demografi terdiri dari pembagian pasar menjadi kelompok-kelompok dengan dasar variabel-variabel demografi seperti usia, jenis kelamin, ukuran keluarga, siklus hidup keluarga, penghasilan, pekerjaan, pendidikan, agama, ras, dan kewarganegaraan.
3.        Segmentasi Psikografi
Dalam segmentasi psikografi, pembeli dibagi menjadi kelompok yang berbeda berdasarkan kelas social, gaya hidup dan kepribadian.
4.        Segmentasi Perilaku
Segmentasi perilaku berfokus pada apakah orang membeli dan menggunakan suatu produk atau tidak, di samping seberapa sering dan seberapa banyak yang dipakainya. Dengan demikian, konsumen bisa dikelompokkan berdasarkan tingkat pemakaian menjadi: pemakai kelas berat, pemakai sedang, pemakai ringan, dan bukan pemakai. Konsumen juga bisa disegmentasikan berdasarkan status pemakai menjadi: pemakai potensial, bukan pemakai, mantan pemakai, pemakai reguler, pemakai pertama kali, dan pemakai produk pesaing.
5.        Segmentasi Manfaat
Saat ini kebutuhan pokok konsumen telah terpenuhi. Meskipun demikian konsumen mencari nilai tambah dari pembelian yang telah dilakukan.
6.        Segmentasi Vertikal versus Horizontal
Segmentasi ini didasarkan pada kategori produk atau modelitas dan titik harga.


      Targeting
Global targeting merupakan proses mengevaluasi dan membandingkan berbagai segmen pasar global, serta memilih satu atau lebih diantaranya sebagai pasar sasaran yang dinilai berpotensi paling besar untuk dilayani secara efektif dan efisien. Perusahaan selanjutnya akan merancang bauran pemasaran sedemikian rupa, sehingga bias mewujudkan return on sales (ROS) terbaik bagi perusahaan dan sekaligus menciptakan nilai maksimum kepada para pelanggan.
Penetapan pasar sasaran global biasa dilakukan dengan menggunakan dua kriteria utama, yaitu potensi dan kapabilitas. Potensi menyangkut enam aspek krusial yang terdiri atas:
1.        Ukuran dan potensi pertumbuhan pasar sesungguhnya
2.        Kemungkinan akseptansi konsumen
3.        Struktur persaingan
4.        Situasi lingkungan politik/hukum, ekonomi, dan sosiokultural
5.        Akses ke jaringan yang sudah ada, dan
6.        Ketersediaan mitra lokal yang kapabel dan bersedia bekerja sama.
Sedangkan kapabilitas berhubungan dengan lima faktor:
1.        Kesiapan memasuki pasar internasional/pengalaman diluar negeri
2.        Kelangkaan dan kekritisan kompetensi
3.        Sumber daya waktu, manusia, dank as
4.        Attitudinal Commitment
5.        Tujuan (merespon persaingan, aliran kas, pangsa pasar atau volume, entri pasar pendahuluan).
Setelah mengevaluasi segmen-segmen yang berbeda, perusahaan dapat mempertimbangkan 5 pola pemilihan pasar sasaran, seperti:
1.        Konsentrasi segmen tunggal
Perusahaan memilih berkonsentrasi pada segmen tertentu. Hal itu dilakukan karena dana yang terbatas, segmen tersebut tidak memiliki pesaing, dan merupakan segmen yang paling tepat sebagai landasan untuk ekspansi ke segmen lainnya.
2.        Spesialisasi selektif
Perusahaan memilih sejumlah segmen pasar yang menarik dan sesuai dengan tujuan serta sumber daya yang dimiliki.
3.        Spesialisasi pasar
Perusahaan memusatkan diri pada upaya melayani berbagai kebutuhan dari suatu kelompok pelanggan tertentu.
4.        Spesialisasi produk
Perusahaan memusatkan diri pada pembuatan produk tertentu yang akan dijual kepada berbagai segmen pasar.
5.        Cakupan seluruh pasar (full market coverage)
Perusahaan berusaha melayani semua kelompok pelanggan dengan semua produk yang mungkin dibutuhkan.


           Positioning
Posisi produk (positioning) adalah cara produk itu didefinisikan oleh konsumen berdasarkan sejumlah atribut atau tempat produk tertentu dipikiran konsumen secara relatif terhadap konsumen yang bersaing. Positioning berusaha menempatkan produk dalam benak pelanggan sasaran sedemikian rupa, sehingga memeperoleh posisi yang unik dan unggul ini didapatkan dari berbagai diferensiasi.
Strategi penetapan posisi dapat dilakukan melaui empat cara yaitu:
1.       Atribut produk tertentu. Harga dan keistimewaan produk dapat digunakan untuk mempromosikan produk
2.       Kebutuhan yang dipenuhi dan manfaat yang ditawarkan produk. Pemasar dapat memposisikan produk berdasarkan kebutuhan yang dapat dipenuhi dan manfaat yang ditawarkan produk.
3.       Kelas pengguna tertentu. Pemasar juga dapat memposisikan kelas pengguna tertentu.
4.       Menantang pesaing yang ada. Produk dapat diposisikan untuk menantang pesaing yang ada.

LATIHAN SOAL TEORI PENGAMBILAN KEPUTUSAN: "PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM KONDISI KONFLIK"

1.     Apa yang dimaksud dengan:
      a.        Pengambilan keputusan dalam kondisi konflik 
              Jawaban:
Pengambilan keputusan dalam kondisi konflik terjadi apabila alternatif keputusan yang harus dipilih atau diambil berasal dari pertentangan atau persaiang dari dua atau lebih pengambil keputusan.
b.       Teori permainan dan apa kegunaannya dalam bidang ekonomi-bisnis
Jawaban:
·         Teori permainan adalah suatu pendekatan matematis untuk merumuskan situasi persaingan dan pertentangan (konflik) antara berbagai kepentingan.
·         Kegunaannya untuk menganalis proses pengambilan keputusan dalam kondisi konflik yang melibatkan dua atau lebih kepentingan.

2.       Sebutkan dan jelaskan secara singkat unsur-unsur dari teori permainan!
Jawaban:
 a.      Pemain (players)
Merupakan pelaku-pelaku dari permainan yang masing-masing merupakan pengambil keputusan.
 b.     Aturan-aturan
Merupakan kerangka di mana para pemain memilih strategi mereka, artinya pemain berhak atau berkuasa untuk menentukan strateginya.
 c.     Hasil keluar (outcome)
Hasil-hasil dari permainan biasanya disajikan dalam bentuk matriks pay off yang berbentuk angka-angka.
 d.     Variabel-variabel
Merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi jalannya permainan, dalam hal ini mempengaruhi keputusan pilihan dan hasil-hasil keluar.
 e.      Kondisi informasi
Informasi akan mempengaruhi atau menentukan gerakan-gerakan masing-masing pemain, kekurangan informasi dapat membuat pemain salah pilih atau tidak dapat menarik keuntungan dari perubahan situasi.
 f.       Pemberian nilai (valuasi)
Pemberian nilai ini dilakukan oleh pemain dan akan mempengaruhi atau menentukan pilihan alternatif.

3.       Suatu permainan dapat berjalan dengan baik dan lancar apabila memiliki sifat-sifat apa saja?
Jawaban:
a.        Jumlah pemain (players) terbatas.
b.       Untuk setiap pemain terdapat sejumlah kemungkinan yang terbatas.
c.       Terdapat pertentangan kepentingan antara pemain.
d.       Aturan permainan untuk mengatur di dalam memilih tindakan diketahui oleh setiap pemain.
e.       Hasil seluruh kombinasi tindakan yang mungkin dilakukan berupa bilangan positif, negatif atau nol.

4.        Jelaskan arti-arti istilah berikut:
a.       Permainan dua-pemain jumlah-nol
Permaianan dua pemain jumlah nol dimainkan oleh 2 orang/kelompok/organisasi yang secara langsung mempunyai kepentingan yang berhadapan. Disebut permainan jumlah nol karena keuntungan atau kerugian satu pemain adalah sama dengan kerugian atau keuntungan satu pemain lainnya, sehingga jumlah total keuntungan dan kerugian adalah nol.
b.       Permainan strategi murni
Permainan strategi murni adalah suatu permainan dengan posisi pilihan terbaiknya bagi setiap pemain dicapai dengan memilih sati strategi tunggal.
c.       Permainan strategi campuran
Permainan strategi campuran ini kedua pemain menggunakan campuran strategi yang erbeda-beda dan tidak terjadi titik keseimbangan pada hasil permainannya.
d.      Titik pelana (saddle point)
Titik keseimbangan saat nilai maximin sama dengan nilai minimax pada suatu permainan.
e.        Baris dominated
Semua elemen dalam suatu baris sama atau lebih kecil dari elemen dalam posisi yang sama dari baris lain.
f.        Kolom dominated
Elemen dalam suatu kolom sama atau lebih besar dari elemen dalam posisi yang sama dari kolom lain.

LATIHAN SOAL BAHASA INGGRIS BISNIS 1

1.      What kind of letter should you writer when you want to know about the newest products, price list or term of payment from a manufacturer ?
a.      A letter of order
b.      A letter of enquiry
c.      A letter of refusal
d.      A letter of complain

2.      What should they usually do after they have received the reply of their Enquiry Lotter?
a.      Write a letter of order
b.      Write a letter of Refusal
c.      Write a letter of complain
d.      Write a letter of invitation

3.      The purpose of letter of Enquiry is ...
a.      To convey a symphaty
b.      To apply for a job
c.      To get an interview
d.      To get some information

4.      Which of the following represents a salutation of a letter ?
a.      Yours faitfully,
b.       Regards,
c.       Dear sir,
d.       Yours sincerely,

5.      We’re looking forwards to meeting you on December 25th. The above sentence is the example of..
a.      Closing paragraph
b.      Complementary close
c.      Opening paragraph
d.      Body of the letter

6.      Which of the following belongs to the tone of the letter ?
a.      To look forward to
b.      To symphatyse
c.      To get attention
d.      To remind a customer

7.      They have reserved their guests ... for 24th December 2013.
a.      Through a hotel
b.      On a hotel
c.      Into a hotel
d.      At the hotel

8.      We ... at Soekarno-Hatta Airport at 11.30 a.m.
a.      Shall reserve you
b.      Shall cancel you
c.      Shall  endeavour you
d.      Shall meet you

9.      Mr. Iskandar booked Helen Jones ... to Denpasar.
a.      in a flight
b.      On a flight
c.      Into a flight
d.      Through a flight

10.   yours Faitfully’ is used (written) only when the salutation is...
a.      Dear Sir,
b.      My Dear Linda,
c.      Dear Larseen
d.      Dear Mr. Brown

11.  Dear Mr. Chandra,
Are you aware that your car has been parked in front of my gate ? I shall have to take the matter further. The tone of the above letter is ..
a.      To inform
b.      To apologize
c.      To threaten
d.      To symphatyse

12.  ... is another word for ‘arranged’.
a.      Finalised
b.      Laid on
c.      Reserved
d.      Delighted

13.   Which part of a memo is not necessarily written ?
a.      The subject of the memo
b.      The date of the memo
c.      The sender of the memo
d.      Yhe opening and closing phrases

14.  know how’ is another word for...
a.    Practical knowledge
b.    Little knowledge
c.    Knowing to much
d.    Not knowing the problem

15.   We would be grateful if you could send us brochures and pricelist of your new products. The about statement is usually found in ....
a.    Invitation letter
b.    Complain letter
c.    Enquiry letter
d.    Recommendation letter

16.   The passive-form of ‘people make batik in Indonesia’ is ...
a.    Batik made by people in Indonesia
b.    Batik is made in Indonesia
c.    Batik Indonesia made by people
d.    In Indonesia people make batik

17.   The passive – voice of ‘Did the noise frighten you ?’ is ...
a.    Did you frightened by nuise ?
b.    Do you frightened by nuise ?
c.    Were you frightened by nuise ?
d.    Are you frightened by nuise ?

18.   What is the passive – voice of ‘Rendra has written these short stories’ is ....
a.      These short stories has been written by Rendra
b.      These short stories by Rendra written
c.      These short stories written by Rendra
d.      These short stories have been written by Rendra

19.  The active – voice of ‘ my brotheer has never been beaten at tennis’ is ...
a.      No one have ever beaten my brother at tennis
b.      No one has ever beaten my brother at tennis
c.      My brother no one have beat at tennis
d.      My brother has beaten no one at tennis

20.   The active-voice of ‘this murder will be forgotten in a few years time’ is ...
a.      People will forget this murder in a few years time
b.      People will forgetten this murder in a few years time
c.      This murder will forget people in a few years time
d.      This murder be forgetten people in a few years time

21.  The correct date of business letter in Britiish style is ...
a.      12-22-2013
b.      December, twenty-second
c.      22nd December, 2013
d.      December 22nd, 2013

22.  Following are things that can be found in an enquiry letter, except :
a.      Sample of products
b.      Unfortunate damage
c.      Terms of payment
d.      Method of delivery

23.  We have reserved a room for you at the Grand Hotel for the 24th and 25th of December. The above statement is usually found in ...
a.      An application letter
b.      An enquiry letter
c.      A complaint letter
d.      An invitation letter

24.  Which of the following shows refusal  ?
a.      We consider
b.      We regret
c.      We recommend
d.      We acknowled

25.  Which of the following phrase refers to making request ?
a.    You will appriciate
b.    Do not hesitate
c.    We look forward to
d.    We will be only too happy to

26.  ‘Stell factory’ belongs to ...
a.      Home industry
b.      Massive industry
c.      Light industry
d.      Heavy industry

27.  The word ‘plant; is similar to ...
a.      Plantation
b.      Planning
c.      Factory
d.      Have in mind

28.  In a business letter, what is usually found after ‘yours sincerely’ ?
a.     Signature
b.     Salutation
c.      Full name
d.     Closing phrase

29.  ...... should be kept in file – memos.
a.    Records of letters
b.    Records of telephone calls
c.    Out going business letters
d.    Letters of recommendation

30.  You are a bank manager. A newly estalished importer wanted a bank loan but you are unable to grant him the loan. What kind of letter should you write ?
a.      A letter of Invitation
b.      A letter of enquiry
c.      A letter of refusal
d.      A letter of complaint