.::Nurii Blog::.

nurita blog :) happy reading :) enjoy~~

Senin, 21 Januari 2013

Yuk Sukses dengan Jiwa Entrepreneur :D


Mungkin banyak yang masih berpikir bahwa “bekerja” itu adalah memakai kemeja, jas, blazer dan di kantor atau gedung-gedung tingkat yang mencakar langit duduk di belakang meja periksa laporan dan selalu berhadapan dengan laptop atau PC. Kenapa tidak mengubah pikiran itu untuk berpikir bahwa “bekerja” tidak hanya rapih dan dibelakang meja tetapi berkerja untuk membuka usaha bahkan memberikan pekerjaan kepada orang lain. Membuka usaha pun bekerja bukan? Berikut ini mungkin bisa sedikit membantu untuk menumbuhkan minat membuka usaha dan menjadi entrepreneur muda. Tips dan trik kiat sukses menjadi usaha muda. Selamat membaca….

1.    Mulai Dengan Mimpi
Mungkin terdengar sangat aneh ya dan tentu agak diragukan. Bagaimana bisa? Tentu saja bisa tidak ada yang tidak mungkin. Saat terbangun dari mimpi tentu ada dorongan dan motivasi untuk mewujudkannya. Mimpi adalah awal bagaimana kita merumuskan sesuatu dan berharap menjadi kenyataan lalu memulai dengan sungguh-sungguh dan bekerja keras untuk mewujudkannya. Segala sesuatu keberhasilan bermula dari impian dan keyakinan.

2.    Berpikir Tentang Kesuksesan
Apa ada di dunia ini orang yang tidak mau sukses? Tentu tidak kan. Kalian tentu harus memutar otak bagaimana caranya menyeimbangi kehidupan yang terus berjalan sementara kalian sendiri tidak beranjak dari tempat kalian. Yuk berpikir sejenak tentang kesuksesan. Apa yang menjadi tujuan awal dari hidup kalian? Ingatlah hal itu maka kalian akan terus termotivasi oleh tujuan awal kalian. Berpikirlah kedepan dengan rencana-rencana brilliant kalian bahwa sukses tidak datang dengan sendirinya, sukses akan datang kepada orang-orang yang rajin memikirkannya dan tekun dalam usahanya.

3.    Bersemangat
Semangat itu salah satu motivasi terbesar dalam hidup. Antusias terhadap apa yang selalu di impikan dan yang selalu di pikirkan. Semagat adalah modal utama untuk memulai mewujudkan impian.

4.    Punya Pengetahuan Dasar Tentang Bisnis
Yang satu ini jangan dilupakan yah, pengetahuan itu penting lho~ meski basic kalian tetap harus memiliki pengetahuan untuk memulai segala sesuatu. Jika tidak ada pengetahuan kemungkinan besar usaha yang dijalankan akan menghadapi kegalalan. Tidak inginkan? Mulailah menanamkan pengetahuan kalian tentang berbisnis, jangan hanya jago teori ya, terapkanlah.

5.    Yuk Mulai Usaha
Setelah ada impian, kesungguhan, semangat dan ilmu pengetahuan, tentu kalian tidak mau menyia-nyiakannya bukan ditambah lagi kesempatan sangat terbuka lebar. Keberuntungan pasti ada dipihak kalian jika kalian mau untuk memulainya. Jangan pernah menyia-nyiakan niat baik dari hati kalian. Mulailah, berusaha dan berdoa. Jika ada penghalang disetiap langakahnya itu kan hal yang wajar. Karena keberhasilan dan kesuksesan tidak aka nada nilainya tanpa belajar dari kesalahan.

6.    Fokus
Ingat “sukses”! Konsentrasikan segala yang kalian lakukan untuk kesuksesan kalian. Terlebih lagi prioritaskan untuk mewujudkan impian kalian. Dalam menjalankannya tentu banyak cobaan. Sukses tidak diraih dengan sendirinya. Jangan goyahkan pendirian kalian untuk hal-hal yang mungkin tidak ada hasilnya dan hanya menyita waktu kalian.

7.    Berani Dengan Resiko
Setiap pekerjaan dan usaha yang kalian lakukan tentu memiliki resiko. Semakin kalian ingin kesuksesan yang besar dalam hidup kalian semakin besar resiko yang ada disamping kalian. Tapi jangan menyerah hanya dengan ketakutan resiko yang akan kalian dapat. Justru resiko itu adalah pijakan dan batu loncatan bagi kalian untuk menjadi wirausaha yang mandiri dan sukses.

8.    Kerja Keras!
Yang satu ini membutuhkan lebih banyak pemikiran dan praktiknya. Banyak tenaga, waktu dan materi kalian yang harus kalian korbankan. Waktu liburan pun hanya akan mampir ketika kalian istirahat. Semua waktu tercurahkan untuk usaha kalian. Tidak ada bersantai, tidak ada liburan dan tidak untuk main-main. Usaha kerja keras kalian tentu akan membuahkan hasil yang sepadan, terus berkembang dan berkembang jangan hanya jadikan usaha kalian hanya untuk bertahan tapi teruslah dikembangkan. Masalah kegagalan cukup pikirkan jangan untuk ditakuti. Buat rencana-rencana jenius kalian untuk meminimalkan resiko kegagalan.

9.    Berdoa
Jangan lupakan Tuhan yah… Jangan sekali-kali melupakan-Nya…
Terus memohon kepada-Nya untuk meminta yang terbaik dari-Nya atas usaha dan kerja keras kalian. Meski nanti saat memulai usaha banyak waktu yang tersita tapi untuk selalu terus berdoa jangan dilupakan. Rezeki selalu datang kepada mereka yang berdoa dan berusaha. Dan rezeki akan selalu bertambah jika kalian bersyukur atas-Nya.

10. Bersedia Untuk Terus Belajar
Setelah kalian rasa usaha yang kalian jalankan mulai memperlihatkan hasil, jangan berhenti untuk terus belajar. Belajar dari situasi dan kondisi yang sedang terjadi, jadikan pelajaran hari ini untuk terus maju. Belajar dari pengalaman orang lain, ini pun perlu, selain menjadikan kalian wirausaha yang bijak kalian bisa menerka kondisi yang akan kalian hadapi dari pengalaman orang lain.

11. Jalin Relasi
Bisa dibilang ini salah satu yang paling vital. Segala sesuatunya sudah kalian punya termasuk modal, tetapi jika kalian tidak memiliki cukp relasi bisnis akan sulit. Seseorang tidak akan bisa bekerja sendiri, ia memerlukan rekan kerja, mitra atau partner untuk memberikan masukan gagasan ide, kritikan dan saran demi kelangsungan bisnis yang sedang dijalankan. Bekerja sama lebih baik daripada harus bekerja sendiri.

12. Jangan Menunda
Lakukan selagi ada waktu dan kesempatan. Waktu tidak akan pernah terulang. Dan kesempatan belum tentu datang 2 kali. Menunda niat baik akan mengakibatkan penyesalan. Yakinkan diri kalian sukses itu bukan hal nanti tapi sekarang dan seterusnya.

13. Disiplin Pada Diri Sendiri
Disiplin diri adalah kunci keberhasilan. Kalian bisa mengatakan kalian semua pintar, tapi apakah kalian disiplin terhadap diri kalian? Jangan bangga jika kalian pintar, tapi cobalah untuk jadi pribadi yang cerdas dan bijak. Untuk apa pintar “hitam diatas putih” jika kalian tidak bisa mengaplikasikannya ke dalam kehidupan yang nyata. Kekuatan dalam diri kalian yang akan memaksa kalian untuk melawan diri kalian, melawan rasa takut kalian, kehidupan tidak bisa sefleksibel yang kalian inginkan. Kedisiplinan yang akan menghantarkan diri kalian untuk melawan arus kemalasan kalian dan memberikan keberhasilan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar