.::Nurii Blog::.

nurita blog :) happy reading :) enjoy~~

Minggu, 18 Desember 2011

Manusia dan Kebudayaan



Manusia adalah mahluk yang luar biasa kompleks. Begitu rumit karena memiliki pemikiran , akal dan perasaan yang harus diselaraskan. Manusia juga merupakan 2 rangkap makhluk yaitu makhluk individu dan maklhluk social. Di setiap perjalanan sebagai individu dan social memiliki tugas yang harus tetap diseimbangkan. Manusia harus bisa tumbuh sebagai individu yang harmonis di dalam kehidupan social, ini merupakan bagaimana upaya pemetaan diri manusia dalam menjalankan kebersamaan dalam kehidupan social maupun budaya.
  • Pengertian Manusia , menurut beberapa ahli :    
  1. NICOLAUS D. & A. SUDIARJA
    Manusia adalah bhineka, tetapi tunggal. Bhineka karena ia adalah jasmani dan rohani akan tetapi tunggal karena jasmani dan rohani merupakan satu barang.
  2. KEES BERTENS
    Manusia adalah suatu mahluk yang terdiri dari 2 unsur yang kesatuannya tidak dinyatakan.
  3. I WAYAN WATRA
    Manusia adalah mahluk yang dinamis dengan trias dinamikanya, yaitu cipta, rasa dan karsa.
  4. OMAR MOHAMMAD AL-TOUMY AL-SYAIBANY
    Manusia adalah mahluk yang paling mulia, manusia adalah mahluk yang berfikir, dan manusia adalah mahluk yang memiliki 3 dimensi (badan, akal, dan ruh), manusia dalam pertumbuhannya dipengaruhi faktor keturunan dan lingkungan.
  5. PAULA J. C & JANET W. K 

    Manusia adalah mahluk terbuka, bebas memilih makna dalam situasi, mengemban tanggung jawab atas keputusan yang hidup secara kontinu serta turut menyusun pola berhubungan dan unggul multidimensi dengan berbagai kemungkinan.

    •  Pengertian Makhluk Sosial, menurut para ahli :
    1.   Dr. JOHANNES GARANG
    Makhluk sosial adalah makhluk berkelompok dan tidak mampu hidup menyendiri.
     
    2.   WALUYO 
    Makhluk sosial adalah makhluk yang selalu berinteraksi dengan sesamanya, saling membutuhkan satu sama lain. 
    3. ARISTOTELES
    Makhluk sosial merupakan zoon politicon, yang berarti menusia dikodratkan untuk hidup bermasyarakat dan berinteraksi satu sama lain. 
    4.   DELIARNOV
    Makhluk sosial adalah makhluk yang mustahil dapat hidup sendiri serta membutuhkan sesamanya dalam melakukan aktivitas sehari-hari. 
    5.  LITURGIS
    Makhluk sosial merupakan makhluk yang saling berhubungan satu sama lain serta tidak dapat melepaskan diri dari hidup bersama.

    •  Hakikat Manusia :

    1. Makhluk yang Terdiri dari Jiwa dan Raga sebagai Satu Kesatuan yang Utuh 
    2. Makhluk Hayati dan Budayawi
    3. Makhluk Ciptaan Tuhan yang Mampu Bekerja dan Berkarya , dan
    4. Makhluk Ciptaan Tuhan yang Paling Sempurna

      *Pengertian Kebudayaan:
      Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata Latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai “kultur” dalam bahasa Indonesia.


      *Manusia dan Kebudayaan
      “Kebudayaan didefinisikan sebagai keseluruhan pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial yang digunakannya untuk memahami dan menginterprestasikan lingkungan dan pengalamanya, serta menjadi landasan bagi tingkah-lakunya. Dengan demikian, kebudayaan merupakan serangkaian aturan-aturan, petunjuk-petunjuk, rencana-rencana, dan strategi-strategi yang terdiri atas serangkaian model-model kognitif yang dipunyai oleh manusia, dan digunakannya secara selektif dalam menghadapi lingkungannya sebagaimana terwujud dalam tingkah-laku dan tindakan-tindakannya.”
      Kebudayaan dapat didefinisikan sebagai suatu keseluruhan pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial yang digunakannya untuk memahami dan menginterpretasi lingkungan dan pengalamannya, serta menjadi pedoman bagi tingkah lakunya. Suatu kebudayaan merupakan milik bersama anggota suatu masyarakat atau suatu golongan sosial, yang penyebarannya kepada anggota-anggotanya dan pewarisannya kepada generasi berikutnya dilakukan melalui proses belajar dan dengan menggunakan simbol-simbol yang terwujud dalam bentuk yang terucapkan maupun yang tidak (termasuk juga berbagai peralatan yang dibuat oleh manusia). Dengan demikian, setiap anggota masyarakat mempunyai suatu pengetahuan mengenai kebudayaannya tersebut yang dapat tidak sama dengan anggota-anggota lainnya, disebabkan oleh pengalaman dan proses belajar yang berbeda dan karena lingkungan-lingkungan yang mereka hadapi tidak selamanya sama.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar