.::Nurii Blog::.

nurita blog :) happy reading :) enjoy~~

Kamis, 07 Mei 2015

Being Global Leader in Islamic Finance


Sejarah Sistem Perbankan Syariah
Sejarah sistem perbankan syariah ini muncul karena dilandasi dengan kehadiran dua gerakan renaissance Islam modern. Tujuan utama dari pendirian lembaga keuangan berlandaskan etika ini adalah tiada lain sebagai upaya kaum muslimin untuk mendasari segenap aspek kehidupan ekonominya berlandaskan Al-Qur'an dan As-Sunnah. Upaya awal penerapan sistem profit and loss sharing tercatat di Pakistan dan Malaysia sekitar tahun 1940-an, yaitu adanya upaya mengelola dana jamaah haji secara nonkonvensional. Rintisan institusional lainnya adalah Islamic Rural Bank di desa Mit Ghamr pada tahun 1963 di Kairo, Mesir. Setelah dua rintisan awal yang cukup sederhana itu, bank islam tumbuh dengan sangat pesat. Sesuai dengan analisa Prof. Khursid Ahmad dan laporan International Association of Islamic Bank, hingga akhir 1999 tercatat lebih dari dua ratus lembaga keuangan Islam yang beroperasi di seluruh dunia, baik di negara-negara berpenduduk muslim maupun di Eropa, Australia maupun Amerika.

Islamic Finance
Adalah suatu ilmu yang mempelajari ekonomi khususnya dibidang keuangan dan yang diatur berdasarkan prinsip-prinsip atau ajaran-ajaran agama islam. Tujuannya ialah agar kegiatan yang dilakukan oleh orang-orang yang ada di dunia tidak melanggar aturan-aturan agama.

Tujuan Islamic Finance
Tujuan ekonomi syariah adalah mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan ekonomi syariah akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Fenomena Riba dalam Aktifitas Ekonomi Masyarakat
Ada beberapa alasan mengapa riba tidak diperbolehkan, yaitu sebagai berikut:
1.      Karena riba tidak adil
2.      Riba berdampak pada krisis ekonomi
3.      Menyebabkan kemalasan

Financial Inclusion dan Financial Exclusion
Financial inclusion adalah suatu cara untuk mendapatkan akses masuk ke lembaga keuangan formal.
Sedangkan financial exclusion adalah cara yang tidak orang sukai untuk masuk ke lembaga keuangan formal, alasannya karena mereka tidak mau mendapatkan riba.

Boosting Economic Development
Ada beberapa cara untuk meningkatkan pembangunan ekonomi, sebagai berikut:
1.     Kemampuan teknikal
2.     Kemampuan manajerial
3.     Spiritual

Apa yang Harus di Lakukan untuk Menjadi Global Finance
1.     Niatkan dahulu
2.     Memperluas wawasan
3.     Meningkatkan pengetahuan
4.     Bangunlah visi
5.     Istiqomah
6.     Lakukanlah bersama-sama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar