.::Nurii Blog::.

nurita blog :) happy reading :) enjoy~~

Senin, 26 November 2012

Sudahkan Usaha Kecil Menjadi Motor Pertumbuhan Ekonomi Indonesia ?

Dilihat dari cara usaha kecil dan menengah bertahan pada saat krisis global 1997-1998 seharusnya usaha kecil mampu berkembang menopang dan menjadi motor pertumbuhan ekonomi Indonesia serta mampu meningkatkan pendapatan Negara. Pertumbuhan ekonomi di Indonesia memliki sasaran pembangunan untuk memajukan perkembangan dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia diantaranya :
a)       Meningkatkan pertumbuhan ekonomi.
b)       Meningkatkan kesempatan kerja dan menurunkan angka pengangguran terbuka.
c)       Meningkatkan pendapatan per kapita.
d)       Memperbaiki perekonomian rakyat dan menurunkan angka kemiskinan.
e)       Memperbaiki stabilitas perekonomian.

Sasaran pembangunan ekonomi di atas hanya dapat dicapai dengan adanya sinergi kebijakan dan program pembangunan ekonomi lintas sektoral, terutama perlu adanya sinergi program pembangunan antar instansi pemerintah, serta sinergi pemerintah dengan dunia usaha dan masyarakat. Sasaran pembangunan di atas hanya dapat dicapai jika KUMKM (Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) dijadikan sebagai motor inovasi dan pertumbuhan ekonomi nasional, mengingat 99,9% pelaku usaha adalah KUMKM, yang mampu memberikan lapangan kerja bagi 99,45% tenaga kerja di Indonesia, menyediakan 43,8% kebutuhan barang dan jasa nasional, serta memberikan kontribusi dalam pembentukan PDB nasional sebesar 56,72%.

Peran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam perekonomian Indonesia paling tidak dapat dilihat dari:
a)        Kedudukannya sebagai pemain utama dalam kegiatan ekonomi di berbagai sektor.
b)        Penyedia lapangan kerja yang terbesar.
c)         Pemain penting dalam pengembangan kegiatan ekonomi lokal dan pemberdayaan masyarakat.
d)        Pencipta pasar baru dan sumber inovasi, serta
e)        Sumbangannya dalam menjaga neraca pembayaran melalui kegiatan ekspor.

Dilihat dari perannya Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memberikan efek yang cukup signifikan bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Namun perkembangannya masih jauh dari kata maksimal. Bisnis pasar industri di Indonesia masih didominasi monopoli oleh industri-industri besar. Mereka masih belum merangkul usaha kecil untuk menjadi partner dalam mengembangkan usaha. Padahal usaha kecil mampu menyerap tenaga kerja jauh lebih besar dibandingkan dengan industri besar yang lebih memanfaatkan kemajuan dibidang  teknologi.

Hal yang paling menghambat Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) adalah adanya sumber investasi dana dari pemerintah ataupun bank-bank pemerintah dan swasta serta pemberian  perizinan. Hal ini yang tentu saja mengharuskan wirausaha mengeluarkan modal sendiri untuk membangun usaha kecil. Sumber dana yang minim dan adanya pinjaman bersyarat dari bank-bank pemerintah memberikan ganjalan bagi pengembangan usaha. Dan seharusnya Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sudah mampu berkembang namun hingga saat ini hanya sampai pada kemampuan untuk bertahan.

Seharusnya dorongan dan intervensi pemerintah mampu membangkitkan dan mengembangkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) agar mencapai sasaran pembangunan  ekonomi di Indonesia.

1 komentar:

  1. hei kawan .. Yuk kita ikut lomba 10 kategori lomba khusus bagi mahasiswa Universitas Gunadarma. Edisi
    Desember2012 ini diperuntukan bagi mahasiswa S1 dan D3. Tersedia 100 pemenang, atau 10 pemenang
    untuk setiap kategori. link
    http://studentsite.gunadarma.ac.id/news/news.php?stateid=shownews&idn=755

    oh iya, kalian nggak mau ketinggalan kan untuk update terhadap berita studentsite dan baak , maka dari itu, yuk pasang RSS di Studentsite kalian.. untuk info lebih lanjut bagaimana cara memasang RSS , silahkan kunjungi link ini
    http://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.5

    makasi :)

    BalasHapus