.::Nurii Blog::.

nurita blog :) happy reading :) enjoy~~

Kamis, 05 Juni 2014

Ringkasan dan Resensi Sebuah Karya


RINGKASAN DAN RESENSI NOVEL ANGEL’S HEART

1.     Ringkasan Novel
Novel ini bergenre cinta (romance). Mengisahkan seorang remaja SMA yang bernama Morla Angelia atau yang lebih dikenal dengan panggilan Angel. Angel memiliki pribadi yang baik, ramah dan setia kawan serta berwajah cantik. Selain itu Angel juga pintar bermain alat musik diantaranya adalah gitar, piano hingga drum serta memiliki vocal seorang diva. Angel hanya hidup berdua dengan ibunya di Bandung, ibunya memiliki usaha butik pakaian di Bandung. Angel juga memiliki seorang sahabat yaitu Vera Adiningrum atau lebih akrab dipanggil Vera, mereka sudah berteman sejak SD, bahkan Angel sudah menganggap Vera seperti saudaranya sendiri.
Saat ini Angel sering disebut-sebut sebagai calon diva Indonesia, karena di usianya yang relatif belia, dia sudah dikenal dimana-mana dan albumnya pun mencetak penjualan yang fantastis untuk ukuran pendatang baru. Jadwal Angel pun semakin padat dan Angel pun harus menghadapi kesibukan yang mulai menghampirinya.
Dihinggapi banyak kelebihan tidak membuatnya lantas menjadi sombong. Angel tetap pribadi yang sama tidak ada yang berubah dari dirinya. Disaat karirnya sebagai penyanyi remaja mulai naik dan punya banyak fans, masalah pun mulai silih berganti mendatanginya. Dari mulai kerepotannya mengatur waktu antara sekolah dan profesinya sebagai penyanyi, disirikin cewek lain yang ngerasa kalah populer, dimusuhin temen-temen satu sekolah cuman gara-gara batal tampil diacara pensi sekolah, sampai kehidupan pribadinya dan masa lalu keluarganya yang terus jadi sasaran wartawan gosip! Semua itu bikin dia sampai stress!
Belum lagi kebingungannya menghadapi sikap cowok misterius di sekolahnya yang gayanya kayak preman terminal, tapi ternyata pinter main biola dia adalah Arifin Prima Putra atau lebih dikenal dengan Rivi. Cowok yang kadang-kadang bersikap baik dan penuh perhatian pada Angel, tapi nggak jarang juga bikin Angel bete dan kesal setengah mati karena sikap cueknya!
Lama-kelamaan, Angel sadar kalu ia jatuh cinta pada Rivi. Tapi, karena suatu hal Rivi harus pergi ke Amerika. Tapi ia berjanji akan menonton konser Angel saat ia kembali dari negeri Paman Sam. Saat konser berlangsung dan Angel memainkan biola Stradivarius pemberian Rivi, Angel menyanyikan lagu ciptaannya yang ia beri judul Nyanyian Bidadari (Angel’s Heart). Saat bernyanyi Angel melihat hadirnya sosok Rivi. Akan tetapi kenyataan tidak seperti demikian. Sebuah kecelakaan pesawat merenggut nyawa Rivi dan Angel tahu akan hal itu.

2.     Identitas Novel
Judul Novel                   : Angel’s Heart
Penerbit                         : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit                   : 2007
Cetakan                         : Cetakan III, April 2013 (new cover)
Tebal buku                     : 256 halaman; 20 cm
Pengarang                     : Luna Torashyngu

3.     Tujuan Meresensi Novel
Saya mendapatkan rekomendasi novel Angel’s Heart dari teman saya sewaktu di SMA, dia bilang novel Angel’s Heart sangat menarik dengan cerita romance yang sedih diakhir kisahnya, maka dari itu saya menjadi penasaran dan ingin membacanya. Setelah saya baca ternyata novel ini sangat bagus, karena di dalamnya sangat mengisahkan tentang dunia remaja dan cerita cinta yang unik.

4.     Pokok-pokok Isi Novel (Unsur Instrinsik)
a.      Tema
“Jangan jadi orang terkenal kalau tidak sanggup menghadapi resikonya”
b.      Tokoh dan Perwatakan
Angel          : Baik, cantik, setia kawan, bersuara merdu.
Vera            : Baik, sahabat terbaik, cerewet, jail.
Ibu Angel    : Baik, pandai menyimpan rahasia.
Mbak Dewi  : Baik dan pengertian.
Rivi              : Misterius, cuek, baik, perhatian, jago main biola.
Anya            : Mau melakukan apa saja demi ketenaran.
Decky          : Baik
c.      Alur
Di dalam novel ini memakai alur maju.
d.      Gaya Bahasa
Gaya bahasa yang digunakan adalah gaya bahasa sehari-hari sehingga mudah dipahami.
e.      Latar (Setting)
Tempat        : di sekolah, di rumah, dijalanan, panggung.
Suasana      : menyenangkan dan menyedihkan.

5.     Keunggulan dan Kelemahan Novel
A.     Keunggulan
(i)     Organisasi
Dalam hal organisasi novel ini, hubungan antara satu bagian dengan bagian yang lain harmonis dan dapat menimbulkan rasa penasaran pembaca. Karena dalam penceritaan isi novel tidak berbelit-belit.
(ii)    Isi
Ceritanya sangat ringan dengan menghadirkan suasana menyenangkan sekaligus menyedihkan. Sebagai novel remaja bergenre romance, novel ini sangat bagus dan menarik dari segi isinya. Pas untuk dibaca oleh remaja bahkan semua kalangan.
(iii)  Bahasa
Bahasa yang digunakan tidak berbelit-belit dan menggunakan bahasa sehari-hari sehingga mudah dimengerti.
B.     Kelemahan
Hanya saja akhir ceritanya sad ending, namun itu membuat cerita ini lebih hidup. Untuk cetakan ketiga novel Angel’s Heart covernya kurang begitu menarik, lebih berwarna pada cetakan pertama dengan nuansa pink-nya.

6.     Nilai-nilai Novel (Unsur Ekstrinsik)
Tidak seharusnya penyesalan terus diratapi, hidup akan terus berlanjut. Biarkan kenangan menjadi kenangan dan bagian dari hidup terindah selama kita bernapas dan terus menatap kedepan. Cerita hidup akan terasa indah jika diisi dengan cinta, dan katakanlah sebelum cinta itu pergi.

7.     Sinopsis
“Jangan jadi orang terkenal kalau tidak sanggup menghadapi resikonya”
Mungkin ungkapan ini emang pas untuk Angel. Disaat karirnya sebagai penyanyi remaja mulai naik dan punya banyak fans, masalah pun mulai mendatanginya. Dari mulai kerepotannya mengatur waktu antara sekolah dan profesinya sebagai penyanyi, disirikin cewek lain yang ngerasa kalah populer, dimusuhin temen-temen satu sekolah cuman gara-gara batal tampil diacara pensi sekolah, sampe kehidupan pribadinya dan masa lalu keluarganya yang terus jadi sasaran wartawan gosip! Semua itu bikin dia sampe stress! Belum lagi kebingungannya menghadapi sikap Rivi, cowok misterius di sekolahnya yang gayanya kayak preman terminal, tapi ternyata pinter main biola. Cowok yang kadang-kadang bersikap baek penuh dan perhatian pada Angel, tapi nggak jarang juga bikin Angel bete dan kesal setengah mati!
So, siapa bilang jadi seleb itu enak?

8.     Biografi Penulis
Luna Torashyngu, lahir di Purwokerto 13 Februari. Tidak terlalu banyak informasi yang didapat dari profile Luna Torashyngu, karena di novel-novel karangannya, tidak ada profile atau biodata tentang Luna Torashyngu. Ia mengikuti apa yang dikatakan oleh Shakespeare,"apa artinya sebuah profile?" Oleh karena itu Luna Torashyngu hanya ingin pembaca menyukai novelnya karena suka dengan ceritanya, dan bukan karena tau siapa penulisnya.
Luna Torashyngu bukanlah nama asli dari pengarang novel Angel’s Heart ini. Dalam bahasa Spanyol, Luna berarti "bulan", sedangkan Torashyngu dipilih karena pengarang sangat suka dengan segala hal berbau Jepang, dari mulai masakan Jepang, musik, hingga dorama. Penyanyi favorit Luna Torashyngu adalah Ayumi Hamasaki, BoA, dan sedikit Laruku. Sedang film Jepang kesukaan Luna Torashyngu adalah YOMIGAERI dan dorama yang paling berkesan adalah LOVE GENERATION-nya Takuya Kimura dan Takako Matsu.
Berikut ini adalah beberapa novel yang sudah ia ciptakan dengan cerita yang imajinatif diantaranya adalah Alpha Veta : Awal Dari Akhir (2005); Sweet Angel : The Pigeon (2005); Sweet Angel : The Rose (2005); Sweet Angel : The Princess (2005); Love Detective (2005); Victory (2006); Beauty And The Best (2006); Dua Rembulan (2006); Angel's Heart (2007); Lovasket (2007); D'Angel (2008); D'Angel : Rose (2008); D'Angel : Princess (2008); Best of The Best (2009); Mawar Merah : Mosaik (2009); Mawar Merah : Metamorfosis (2009); Lovasket 2 : For The Love of The Game (2010); Golden Bird : Beauty And The Best Series (2010); Mawar Merah : Matahari (2011); Lovasket 3 : The Final Game (2011); When Author Meets Editor (2012); Golden Bird Alpha (2012); Pelangi Untuk Rida (2013); Lovasket 4 : Your Heart (2013); Love, Secret,  And Justice (2013), Menjadi Selamanya (2013), Golden Bird Ultimate (2014).


                                 Cetakan pertama, April 2007
 

 
Rating untuk novel Angel’s Heart

 

1 komentar:

  1. Thanks banyak membantu buat bikin resume novel ini :) see blog ku juga ya

    BalasHapus