A.
Permintaan (demand)
ü Pengertian Permintaan
Permintaan
adalah banyaknya jumlah barang yang diminta pada suatu pasar tertentu dengan
tingkat harga tertentu pada tingkat pendapatan tertentu dan dalam periode
tertentu.
ü
Hukum
Permintaan
Hukum
permintaan berbunyi : “jumlah
produk yang diminta berbanding terbalik dengan harga”.
Artinya : Bila harga suatu barang naik maka permintaan barang tersebut
akan turun, sebaliknya bila harga barang tersebut turun maka permintaannya akan
naik dengan asumsi ceteris paribus (semua faktor yang mempengaruhi permintaan
selain harga dianggapkonstan).
ü Faktor yang Mempengaruhi
Permintaan
a.
Harga Barang itu Sendiri
Jika
harga naik jumlah permintaan barang tersebut akan meningkat, sedangkan jika
harga turun maka jumlah permintaan barang akan menurun.
b. Harga Barang Subtitusi (Pengganti)
Apabila harga dari barang substitusi lebih murah maka orang
akan beralih pada barang substitusi tersebut. Akan tetapi jika harga barang
substitusi naik maka orang akan tetap menggunakan barang yang semula.
c.
Pendapatan
Apabila pendapatan yang diperoleh tinggi maka permintaan akan barang dan jasa juga semakin tinggi. Sebaliknya jika pendapatannya turun, maka kemampuan untuk membeli barang juga akan turun. Akibatnya jumlah barang akan semakin turun.
Apabila pendapatan yang diperoleh tinggi maka permintaan akan barang dan jasa juga semakin tinggi. Sebaliknya jika pendapatannya turun, maka kemampuan untuk membeli barang juga akan turun. Akibatnya jumlah barang akan semakin turun.
d. Selera
Konsumen
Jika selera konsumen terhadap barang tertentu meningkat maka
permintaan terhadap barang tersebut akan meningkat pula.
e. Intensitas
Kebutuhan Konsumen
Kebutuhan terhadap suatu barang atau jasa yang tidak
mendesak, akan menyebabkan permintaan masyarakat terhadap barang atau jasa
tersebut rendah. Sebaliknya jika kebutuhan terhadap barang atau jasa sangat
mendesak maka permintaan masyarakat terhadap barang atau jasa tersebut menjadi
meningkat.
f.
Perkiraan Harga di Masa Depan
Apabila konsumen
memperkirakan bahwa harga akan naik maka konsumen cenderung menambah jumlah barang yang dibeli karena ada
kekhawatiran harga akan semakin mahal. Sebaliknya apabila konsumen
memperkirakan bahwa harga akan turun, maka konsumen cenderung mengurangi jumlah
barang yang dibeli.
g. Jumlah Penduduk
Pertambahan penduduk akan memengaruhi jumlah barang yang diminta. Jika jumlah penduduk dalam suatu wilayah bertambah banyak, maka barang yang diminta akan meningkat.
Pertambahan penduduk akan memengaruhi jumlah barang yang diminta. Jika jumlah penduduk dalam suatu wilayah bertambah banyak, maka barang yang diminta akan meningkat.
ü Teori Permintaan
Teori yang menerangkan hubungan
antara permintaan terhadap harga adalah merupakan pernyataan positif yang
disebut sebagai teori determinasi permintaan.
Teori determinasi permintaan :
“Perbandingan lurus antara permintaan terhadap harganya, yaitu apabila permintaan naik maka harga relatif akan naik, sebaliknya bila permintaan turun maka harga relatif akan turun”.
Teori determinasi permintaan :
“Perbandingan lurus antara permintaan terhadap harganya, yaitu apabila permintaan naik maka harga relatif akan naik, sebaliknya bila permintaan turun maka harga relatif akan turun”.
ü Kurva Permintaan
a.
Kurva Permintaan
Kurva permintaan
dapat didefinisikan sebagai : “Suatu kurva yang menggambarkan sifat
hubungan antara harga suatu barang tertentu dengan jumlah barang tersebut yang diminta
para pembeli.”
Kurva permintaan
berbagai jenis barang pada umumnya menurun dari kiri ke kanan bawah. Kurva yang
demikian disebabkan oleh sifat hubungan antara harga dan jumlah yang diminta
yang mempunyai sifat hubungan terbalik.
b. Pergeseran kurva permintaan
Kurva permintaan
kan bergerak kekanan atau kekiri apabila terdapat perubahan – perubahan
terhadap permintaan yang ditimbulkan oleh faktor-faktor bukan harga, sekiranya
harga barang lain, pendapatan para pembelidan berbagai faktor bukan harga lainnya
mengalami perubahan, makaperubahan itu akan menyebabkan kurva permintaan akan
pindah ke kanan atau ke kiri.
ü Macam-Macam Permintaan
Permintaan dapat dibedakan menjadi
beberapa kelompok, antara lain :
a.
Permintaan Menurut Daya Beli
1) Permintaan efektif adalah permintaan masyarakat terhadap suatu barang atau jasa yang disertai dengan daya beli atau kemampuan membayar.
2) Permintaan potensial adalah permintaan masyarakat terhadap suatu barang dan jasa yang sebenarnya memiliki kemampuan untuk membeli, tetapi belum melaksanakan pembelian barang atau jasa tersebut.
1) Permintaan efektif adalah permintaan masyarakat terhadap suatu barang atau jasa yang disertai dengan daya beli atau kemampuan membayar.
2) Permintaan potensial adalah permintaan masyarakat terhadap suatu barang dan jasa yang sebenarnya memiliki kemampuan untuk membeli, tetapi belum melaksanakan pembelian barang atau jasa tersebut.
3) Permintaan absolut adalah
permintaan konsumen terhadap suatu barang atau jasa yang tidak disertai dengan
daya beli.
b. Permintaan
Menurut Jumlah Subjek Pendukungnya
1 ) Permintaan individu adalah permintaan yang dilakukan oleh seseorang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
2 ) Permintaan kolektif atau permintaan pasar adalah kumpulan dari permintaan-permintaan perorangan/individu atau permintaan secara keseluruhan para konsumen di pasar.
1 ) Permintaan individu adalah permintaan yang dilakukan oleh seseorang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
2 ) Permintaan kolektif atau permintaan pasar adalah kumpulan dari permintaan-permintaan perorangan/individu atau permintaan secara keseluruhan para konsumen di pasar.
B.
PENAWARAN (SUPPLY)
ü Pengertian Penawaran
Penawaran adalah
banyaknya barang yang ditawarkan oleh penjual pada suatu pasar tertentu, pada
periode tertentu, dan pada tingkat harga tertentu.
ü Hukum
Penawaran
Hukum
penawaran menyatakan bahwa : “jumlah produk yang ditawarkan berbanding
lurus dengan harga”.
Artinya
: jika harga naik maka jumlah barang yang ditawarkan juga akan naik dan
sebaliknya, jika harga turun maka jumlah barang yang ditawarkan juga akan turun
dengan asumsi ceteris paribus (semua faktor yang mempengaruhi permintaan selain
harga dianggap konstan).
ü Faktor
yang mempengaruhi penawaran
a)
Harga Barang itu Sendiri
Apabila harga barang yang ditawarkan mengalami kenaikan,
maka jumlah barang yang ditawarkan juga akan meningkat. Sebaliknya jika barang
yang ditawarkan turun jumlah barang yang ditawarkan penjual juga akan turun.
b)
Harga Barang Pengganti
Apabila harga barang pengganti meningkat maka penjual akan
meningkatkan jumlah barang yang ditawarkan.
c)
Biaya Produksi
Apabila biaya-biaya produksi meningkat, maka harga
barang-barang diproduksi akan tinggi. Akibatnya produsen akan menawarkan barang
produksinya dalam jumlah yang sedikit. Sebaliknya jika biaya produksi turun,
maka produsen akan meningkatkan produksinya. Dengan demikian penawaran juga
akan meningkat.
d)
Kemajuan Teknologi
Adanya teknologi yang lebih modern akan memudahkan produsen
dalam menghasilkan barang dan jasa. Selain itu dengan menggunakan mesin-mesin
modern akan menurunkan biaya produksi dan akan memudahkan produsen untuk
menjual barang dengan jumlah yang banyak.
e)
Pajak
Pajak yang merupakan ketetapan pemerintah terhadap suatu produk sangat berpengaruh terhadap tinggi rendahnya harga. Jika suatu barang tersebut menjadi tinggi, akibatnya permintaan akan berkurang, sehingga penawaran juga akan berkurang.
Pajak yang merupakan ketetapan pemerintah terhadap suatu produk sangat berpengaruh terhadap tinggi rendahnya harga. Jika suatu barang tersebut menjadi tinggi, akibatnya permintaan akan berkurang, sehingga penawaran juga akan berkurang.
f)
Perkiraan Harga di Masa Depan
Jika perusahaan memperkirakan harga barang dan jasa naik, sedangkan penghasilan masyarakat tetap, maka perusahaan akan menurunkan jumlah barang dan jasa yang ditawarkan.
Jika perusahaan memperkirakan harga barang dan jasa naik, sedangkan penghasilan masyarakat tetap, maka perusahaan akan menurunkan jumlah barang dan jasa yang ditawarkan.
ü Teori
Penawaran
Adalah “perbandingan terbalik antara
penawaran terhadap harganya . Yaitu apabila penawaran naik maka harga relatif
akan turun , sebaliknya bila penawaran turun maka harga relative akan naik”.
ü Kurva
Penawaran
a.
Kurva
penawaran
“suatu
kurva yang menunjukkan hubungan diantara harga suatu barang tertentu dengan
jumlah barang tersebut yang ditawarkan”.
b.
Pergeseran Kurva Penawaran
Kurva
penawaran juga dapat mengalami pergeseran karena adanya perubahan faktor-faktor
yang memengaruhi penawaran selain faktor harga. Bergesernya kurva penawaran
ditandai dengan bergeraknya kurva ke kanan atau ke kiri. Kurva penawaran
bergeser ke kiri, artinya jumlah penawarannya mengalami kenaikan. Namun, ketika
kurva penawaran barang bergeser ke kiri, berarti terjadi penurunan penawaran
barang.
ü Macam-Macam
Penawaran
Apabila ditinjau dari jumlah barang yang ditawarkan :
a.
Penawaran Individu
Penawaran individu adalah jumlah barang yang akan dijual oleh seorang penjual.
Penawaran individu adalah jumlah barang yang akan dijual oleh seorang penjual.
b.
Penawaran Kolektif
Penawaran kolektif disebut juga penawaran pasar. Penawaran kolektif
adalah keseluruhan jumlah suatu barang yang ditawarkan oleh penjual di pasar.
Penawaran pasar merupakan penjumlahan dari keseluruhan penawaran perorangan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar